4 Tips Ketika Berdiam Diri Di Rumah Selama Corona

Selama pandemi virus belum berakhir, menjaga kesehatan tubuh dan pikiran menjadi hal mutlak yang harus dilakukan setiap orang. Sebab dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, kita tidak akan mudah terserang virus. Konsumsi buah-buah, sayuran, dan multivitamin disertai olahraga dan waktu tidur yang cukup adalah langkah terbaik yang bisa kita lakukan dari rumah.

Namun, jangan hanya fokus pada kesehatan saja, beberapa hal lain juga perlu kamu perhatikan agar tetap tenang di rumah sesuai himbauan pemerintah.

1. Bijak Sikapi Informasi

Di era perkembangan digital saat ini, penyebaran informasi bergerak dengan cepat dan terus berkembang. Penting untuk terus memperbaharui sumber berita yang aktual, tajam dan terpercaya. Terkhusus yang ramai adalah update kasus yang terkena virus, cara membuat hand sanitizer dan desinfektan sendiri, pembelian masker murah, dan sebagainya yang berkaitan dengan pencegahan pandemi.

Jika menerima informasi atau broadcast dari media yang tak dikenal atau bahkan tidak ada lampiran situs, sebaiknya diperiksa faktanya. Termasuk video-video yang tanpa tahu jelas asal muasal dan faktanya. Jangan sampai Anda termasuk bagian penyebar hoax.

2. Komunikasi dengan Keluarga

Selain intens komunikasi dengan rekan kerja terkait urusan kantor karena memang harus Work From Home, penting juga melakukan komunikasi dengan keluarga baik itu kerabat dekat maupun jauh. Sebab penyebaran virus sudah sampai ke daerah-daerah lain tak hanya di kota-kota besar saja.

Anda yang aktif dalam mengupdate berita sekaligus bisa menjadi jendela informasi bagi keluarga, termasuk menangkal informasi salah atau hoax yang kerap tersebar di media sosial, Whatsapp, dan SMS.

3. Jangan Panic Buying

Kita sadar bahwa pembatasan sosial atau social distancing dapat memicu tekanan psikologis. Apalagi hingga saat ini belum ada kepastian kapan pandemi virus akan berakhir. Namun, jangan biarkan kepanikan membeli barang kebutuhan pokok atau panic buying menguasai kita. Belilah barang dan stok secukupnya, jangan berlebihan. Dampak, panic buying dapat membuat stok barang langka, harga-harga naik dan kecemasan massal.

Apalagi sejauh ini pemerintah masih memperbolehkan warganya untuk keluar, disertai dengan perlindungan diri dan menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok dan rumah tangga lain, Anda juga bisa belanja online yang justru lebih aman dan efisien.

4. Refreshing dan Manjakan Diri

Karena banyak destinasi wisata, tempat hiburan, bahkan mall yang tutup sementara karena pandemi, bukan berarti kamu tidak bisa refreshing dan memanjakan diri sendiri. Selama di rumah Anda bisa melakukan hal-hal asik untuk mengusir rasa jenuh, bosan dan stress. Mulai dari tidur siang, membaca buku, mendengarkan musik dan menonton televisi.

Posting Komentar

0 Komentar