Cara Tes Swab Virus Corona Viral Di Sosial Media

Penyebaran Covid-19 yang sangat cepat membuat jumlah penderita virus corona semakin banyak. Seseorang dikatakan sebagai penderita virus corona ketika hasil tes swab menyatakan dia positif COVID-19.

Tes swab kini memang banyak disebut-sebut seiring semakin meluasnya pandemi corona. Seperti apa tes swab itu sebenarnya? Menjawab rasa penasaran banyak orang akan tes swab, sejumlah pengguna media sosial di Amerika Serikat mengunggah momen ketika mereka melakukan tes swab. Proses tes swab ini ternyata cukup sederhana dan cepat. Pada dasarnya, proses tersebut sama dengan apa yang dilakukan untuk menguji flu.

Dalam beberapa video unggahan yang viral terlihat alat swab mirip cotton bud hanya saja lebih panjang. Alat tersebut dimasukkan melalui hidung hingga mencapai bagian nasofaring, tempat pengumpulan sel.

Jika kamu membuka mulut dan mengatakan Ahh dan melihat langsung ke belakang, itulah wilayahnya, tepat di mana saluran pernapasan bertemu di belakang mulutmu. Virus suka berdiam di sana dan mulai mereplikasi, kata Kirsten Hokeness, seorang ahli imunologi yang mengajar di Universitas Bryant di Smithfield, Rhode Island.

Umumnya proses swab untuk pengecekan itu hanya berlangsung selama 10 detik jika pasien bisa bersikap tenang. Menurut USA Today, proses tersebut tidak terlalu menyakitkan. Namun sepertinya orang-orang yang sudah mencoba dan mengunggahnya di media sosial memiliki pendapat berbeda.
Baca juga: 20.532 Rapid Test Dilakukan di Jakarta, 2,1% Positif Corona

Seorang pengguna akun TikTok bernama @shelfboi mengunggah video rekamannya saat sedang mengikuti tes Covid-19. Dia menuliskan keterangan, "Telah mengikuti tes lol. Merasa seperti ditusuk di bagian otak."

Pengguna TikTok lainnya juga mengunggah video serupa. Awalnya wanita dalam video terlihat bisa menjalani tes swab dengan mudah namun kemudian dia sedikit berteriak kesakitan dan mengatakan seperti melihat kilauan di matanya.

Video lainnya yang diunggah oleh akun Twitter @PanamaRedin215 juga memperlihatkan proses pengecekan Covid-19. Dalam video yang telah ditonton oleh 6,5 juta pengguna media sosial lainnya itu terlihat seorang wanita di rumah sakit tampak kesakitan saat mengikuti tes swab. Dia memperlihatkan ketidak nyamanan saat suster berusaha memasukkan dan mengeluarkan alat tes swab ke dalam hidungnya.

Walaupun tes Covid-19 atau virus Corona ini mungkin terlihat cukup menyeramkan bagi sebagian orang, tetapi tes itu cukup penting untuk menentukan kondisi kesehatanmu dan menghentikan penyebaran pandemi Corona. Setelah tes dilakukan, sampel yang telah diambil itu lalu dikumpulkan dan diletakkan dalam wadah steril untuk selanjutnya dikirim ke laboratorium.

Posting Komentar

0 Komentar